Jepang Masuk peringkat 9 Negara Paling Damai di Dunia tahun 2016





Menurut GPI (Global Peace Index) tahun 2016, Jepang masuk dalam kategori negara paling damai di dunia peringkat ke-9. Indikator negara damai dilihat dari konflik internal maupun eksternal negara tersebut dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Negara tersebut juga aktif dalam berbagai kegiatan internasional dalam mengusahakan perdamaian.
Peringkat ini menurun dibanding tahun 2015, dimana Jepang masuk dalam urutan ke-8. Hampir semua negara turun nilainya di tahun 2016, karena di tahun 2015 hingga 2016 banyak serangan teroris. Indikator lain dalam penilaian ini juga dilihat dari jumlah orang yang menjadi narapidana di negara tersebut, banyaknya jumlah staf dalam kementerian pertahanan dan keamanan, serta aktifitas teroris.
Salah satu alasan mengapa di Jepang disebut-sebut sebagai negara yang paling damai, selain tingkat kriminalitas yang tergolong rendah di negara ini, masyarakat di sana juga paham mengenai aturan sosial, jadi hidup di sana lebih tertib dan teratur. Tingkat korupsi juga tergolong sangat kecil. Jepang memiliki budaya malu yang tinggi dalam menjalankan tugas, jadi seandainya gagal mengemban tugas, aparat negara cenderung langsung mengundurkan diri.
Di dalam daftar tersebut, untuk wilayah Asia Tenggara, Singapura masuk ke dalam urutan 20, sementara Malaysia masuk dalam urutan 30 dan Indonesia ada diurutan 42 dan Thailand di urutan 129. Hal yang cukup menarik, Korea Selatan ada diurutan ke-53 sementara Amerika Serikat ada diurutan ke-103.
Berikut adalah daftar negara-negara yang dianggap paling damai di dunia
11.  Islandia, ibukota: Reykjavik
22.   Denmark, ibukota: Copenhagen
33.   Austria, Ibukota: Vienna
44.   New Zealand, ibukota: Welllington
55.   Portugal, ibukota: Lisbon
66.   Republik Czechnia, ibukota:Prague
77.   Swiss, ibukotan: Bern
88.   Canada, ibukota: Ottawa
99.   Jepang, ibukota: Tokyo
110. Slovenia, ibukota: Ljubljana


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jepang Masuk peringkat 9 Negara Paling Damai di Dunia tahun 2016"

Post a Comment