Webtoon Generasi Komik Selanjutnya




     Istilah webtoon diambil dari istilah yang digunakan masyakarat Korea Selatan, untuk menjelaskan komik yang dipublikasikan melalui website (internet). Komik dalam bahasa Korea dikenal dengan “manhwa.” Awalnya, portal Daum menggunakan ini ditahun 2003, kesuksesan webtoon kemudian diikuti situs Naver di tahun 2004. Daum dan Naver adalah situs pencarian paling popular di Korea Selatan, kita tidak hanya bisa mencari berita, namun juga potongan video maupun foto yang menjadi trending topic di sana. Kebiasaan ini muncul, karena masyarakat Korea Selatan lebih banyak berhubungan dengan gadget dalam urusan sehari-hari. Maka, membaca komik juga beralih dalam bentuk digital.



      Menurut David Welsh dari Bloomerg (perusahaan independent yang mengamati perkembangan ekonomi dan media) mengatakan bahwa konsumis masyarakat Korea dalam membeli komik online adalah 3 juta user, sementara yang mengkonsumi komik online gratisan ada 10 juta user. Artinya, komik online memiliki pasarnya sendiri. Hingga tahun 2014, Naver telah memublikasikan 520 webtoon, sementara Daum 434 webtoon. Saking populernya webtoon, bahkan diantaranya banyak yang dialihbahasa menjadi bahasa Inggris, Cina, dan sebagainya. Maraknya webtoon Korea bahkan menyaingi Jepang.  Beberapa drama Korea yang meraih perhatian tinggi dari masyarakat bahkan diadaptasi dari webtoon, seperti Cheese in the Trap, Misaeng, dan yang sedang hangat dibicarakan orang saat ini “W”. Drama berjudul “W” dibintangi oleh Lee Jong Suk dan Han Hyo Joo, digadang-gadang menjadi pesaing berat drama “Uncontrollably Fond” yang dibintangi oleh Bae Suzy dan Kim Woo Bin.
      Webtoon sangat terkait dengan portal atau situs yang menjadi induknya. Untuk bisa meraih pembaca yang banyak, webtoon membutuhkan cerita yang menarik dan  pemasaran dari mulut-mulut. Biasanya, para pecinta komik, sudah memilik komunitas atau afiliasi sendiri, sehingga mereka bisa mencari komik online yang sesuai dengan kebutuhannya.
Di Indonesia, sepertinya, webtoon juga mulai popular dan punya pembaca setia, salah satu buktinya, karya-karya orang Indonesia juga sudah ada yang dipublikasikan. Gimana? Makin asiknya baca komik saat ini.

Sumber informasi: Wikipedia dan koreatimes.co.kr

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Webtoon Generasi Komik Selanjutnya"

Post a Comment