Cocorobo, Vacum Cleaner Bisa Bicara dan Bernyanyi dari Sharp





      Pernahkan Anda membayangkan menggantungkan hidup pada sebuah vaum cleaner pintar? Vacum cleaner yang tidak hanya mampu membersihkan lantai, menjaga higinitas rumah, berperan juga sebagai CCTV yang bisa dibuhungi via telepon, bahkan bisa diajak bicara dan bernyanyi untuk pemiliknya. Vacuum cleaner ini bernama Cocorobo  Vocaloid.
       Cocorobo Vocaloid adalah generasi baru dari vacuum cleaner pintar keluaran Sharp yang awalnya bernama Cocorobo. Cocorobo generasi pertama, memiliki kemampuan membersihkan lantai sekaligus membunuh virus dan bakteri, fungsi CCTV yang bisa dimonitor melalu ponsel pemiliknya melalui koneksi internet, bisa bersuara dan dilengkapi dengan lampu. Dengan kemampuan ini, Cocorobo bisa mengirimkan gambar pada pemilik rumah, jika sang pemilik ada di luar kota dan bisa menjadi teman setia. 


       Pada generasi terbaru Cocorobo Vocaloid, kemampuan vacuum cleaner pintar ini dilengkapi dengan karakter anime. Ia bisa bicara dan bernyanyi. Dengan bentuknya yang lebih slip dan futuristik, pengguna tidak akan kerepotan untuk menyimpannya. Apalagi dengan kelebihan Cocorobo Vocaloid yang jauh di atas vacuum cleaner konvensional, produk ini langsung menarik perhatian. Setidaknya itulah yang terjadi pada saat acara CEATEC, sebuah ajang pameran di Jepang.
      Vocaloid sendiri merupakan teknologi audio, berupa software suara synthesizer yang bisa bernyanyi dan bisa melakukan percakapan sederhana. Perusahaan yang berbasis di Osaka ini memang sedang gencar-gencarnya mengembangkan perlengkapan rumah tangga yang bisa terkoneksi dengan internet dan memiliki ikatan dengan manusia. Menurut Sharp, ide menggunakan karakter anime ini didorong oleh kebutuhan “teman” bagi pemiliknya. Kehidupan saat ini yang serba cepat dan sibuk, membuat manusia kurang bisa bergaul. Cocorobo hadir untuk mengisi hubungan pertemanan itu, robot yang ada dalam vacuum cleaner ini bisa menjadi teman bicara, menghibur melalui nyanyian yang disukai pemiliknya.
        Banyak pengunjung yang bertanya, mengapa Sharp menekankan robot yang bisa bernyanyi. Menurut juru bicara Sharp, hal itu bertujuan untuk menumbuhkan sisi emosional antara mannusia dan robot. Menyanyi adalah kegiatan yang menyenangkan.”



Sumber informasi dan foto: Kazuaki Nagata, www.japantimes.co.jp


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cocorobo, Vacum Cleaner Bisa Bicara dan Bernyanyi dari Sharp"

Post a Comment