Film Animasi “Your Name” Membadai di Jepang




      Bak badai yang menggulung dan membuat orang terkesima begitulah setidaknya gambaran film animasi “Your name” saat ini di Jepang. Bedanya, kalau badai meluluh lantahkan rumah dan harta benda, film “Your name” meluluh lantahkan hati penontonya. Karena film ini memliki plot cerita yang unik dan bikin penasaran. Saking banyaknya penonton film ini, sejak 28 hari diliris di bioskop, Your Name sudah meraup pendapatan sebesar US$ 99 juta.

       Film animasi yang disutradarai oleh Hayao Miyazaki dianggap sebagai fenomenal karena bisa mencapai pendapatan yang fantastis kurang dari satu bulan. Miyazaki juga dianggap memiliki tangan yang dingin dalam menyutradarai sekaligus memproduksi film animasi. Ini adalah film animasi ke-9 nya, yang merhasil menembus angka di atas US 10 juta. Beberapa film yang pernah dibuatnya, yaitu “Spirited Away” dan “Shinkai.” Sutradara gaek berusia 75 tahun ini pernah mengatakan akan pensiun di tahun 2013. Nyatanya, di tengah usianya yang sudah tidak muda lagi, Miyazaki malah semakin “sangar” bekerja.

       Film “Your Name” bercerita tentang seorang gadis remaja yang hidup desa dan remaja laki-laki yang tinggal di Tokyo. Mereka terkoneksi secara aneh sehingga bisa merasakan satu sama lain melalui mimpi. Takdir mereka ditentukan oleh komet jatuh yang muncul seribu tahun sakali. Dari segi cerita, walaupun plotnya terbilang menarik dan menegangkan, namun hal semacam ini sudah banyak diangkat. Tetapi dari sisi teknik animasi “Your Name” menyuguhkan atraksi visual yang luar biasa. Animasi 2D yang dipadu dengan tata cahaya sedemikian rupa, menghasilkan gambar-gambar yang sangat dinamis dan cerah seperti nyata.

      Keindahan sinematografi “Your Name” meman diakui Miyazaki terletak pada pencahayaan gambar. Film ini diangkat dari novel karya Makoto Shinkai yang sudah terjual 1 juta copi di seluruh Jepang. Dalam novel ini, banyak daerah-daerah yang secara nyata memang ada. Misalnya, wilayah di Nagano, tempat ini adalah kampung halaman Shinkai.Ada pula wilayah Gifu dan Tokyo yang menjadi lokasi setting dalam cerita.

       Salah satu animator dalam tim ini adalah Yasuko Namamura, mahasiswa tingkat tiga di sebuah universitas di Tokyo. Ia bercerita pada temannya, bahwa semua lokasi dalam film ini benar-benar ada. Yurika Aoki, salah satu penonton film ini mengatakan, bahwa biasanya ia tidak menonton film animasi di bioskop selain film-film Disney, “Tapi saya sangat menyarankan agar teman-teman lain menonton film “Your Name,” banyak yang mengatakan di media sosial bahwa film ini bagus,” Ujar Aoki.

        Kehadiran Theme Song atau Soundtrack tidak bisa dipisahkan dalam film, terutama film animasi. Di film ini, lagu dari band Rock Jepang, RADWIMPS menjadi lagu utama yang bisa menggairahkan nuansa film. Makoto Shinkai, adalah penulis sekaligus animator yang juga memiliki pengaruh besar dalam industry animasi Jepang. Umumnya, karya Shinkai bercerita tentang kehidupan remaja. Sejak debut di tahun 2002, Shinkai juga sudah menelurkan beberapa karya animasi seperti “5 cm per detik,” “Tempat dimana Awal Kita Membuat Janji” dan lain-lain.

        Ketika ditanya, mengapa Shinkai lebih memilih penonton atau pembaca remaja, “Anak-anak remaja di Jepang banyak yang tertekan, mereka mencari hiburan melalui manga, film dan game. Saya ingin menghadirkan cerita yang menarik dan menggairahkan untuk generasi Jepang .” Ujar Shinkai.


Wow, jadi makin penasaran nih, gimana film ini. Yuk kita lihat trailernya.




Sumber info dan foto: www.japantimes.co.jp

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Film Animasi “Your Name” Membadai di Jepang"

Post a Comment