Jam Kerja Terlalu Panjang, Karyawati Biro Iklan Dentsu Tokyo Bunuh Diri




       Seorang karyawati perusahaan iklan terbesar di Jepang, nekad mengakhiri hidupnya akibat stres karena jam kerja yang terlalu panjang. Atas kasus ini, Dentsu Inc. didatangi petugas Kementerian Tenaga Kerja pada 14 Oktober 2016. Dentsu Inc Tokyo adalah biro iklan yang besar yang memiliki beberapa cabang di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Selama bertahun-tahun, perusahaan ini mengakui bahwa jam kerja yang panjang adalah bagian dari budaya kerja mereka.
       Seperti yang dikutip dari Asahi.com, Matsuri Takahashi 24 tahun, mengakhiri hidupnya pada Bulan Desember tahun lalu. Ini adalah kasus kedua yang terjadi di kantor pusat Dentsu Tokyo- Jepang. Sebelumnya, di tahun 1991, seorang karyawan laki-laki berusia 24 tahun, juga nekad bunuh diri akibat bekerja terlalu lama.  Takahashi adalah karyawati dari bagian Digital Account. Ia mengalami “karoshi” atau meninggal akibat tertekan terlalu lama bekerja. Takashi meninggal setelah lembur selama 130 jam dalam sebulan.
      Jika Dentsu terbukti membiarkan kebiasaan bekerja dalam waktu yang lama menyebabkan kematian pegawainya, pihak berwajib bisa memberikan sanksi. Para karyawan lain, mengatakan bahwa kerja lembur merupakan hal biasa di kantor itu. Seorang karyawan berusia 40 tahun mengatakan bahwa selama 3 bulan terakhir, jam lemburnya per bulan 100 jam. “Saya rasa, perusahaan dapat melakukan sesuatu. Saya berharap investigasi ini dapat merubah standar perusahaan,” ujarnya.
       Menurut humas Dentsu, waktu lembur karywan harus mendapatkan persetujuan supervisor. Perusahaan ini telah menyeakati ketentuan tenaga kerja, dimana waktu lembur maksimal adalah 50 jam per bulan. Dalam sebuah konfrensi pers, Toshihiro Yamamoto, Senior Vice President, mengatakan bahwa kejadian ini diakibatkan oleh pekerjaan yang terlalu banyak namun wkatu yang diberikan tidak mencukupi. Di Bulan September 2016, Dentsu mengakui bahwa klien iklan digital membanjiri perusahaannya.  

Sumber foto: insidethegames.biz

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jam Kerja Terlalu Panjang, Karyawati Biro Iklan Dentsu Tokyo Bunuh Diri"

Post a Comment