Anak-anak Korea Kini juga Oplas dan pakai Make Up


sumber: allkpop.com


        Orang tua di Korea Selatan, kini tidak hanya berinvestasi dalam hal pendidikan anak, namun juga pada kebutuhan fisik anak. Salah satu kebutuhan fisik anak adalah kesehatan dan kecantikan. Demi mendapatkan penampilan yang cantik untuk anak-anak mereka, anak-anak usia sekolah dasar sudah mendapatkan perawatan kulit bahkan operasi plastic.
        Pada 16 Desember, Media “Chosun Ilbo” seperti dilansir dari allkpop.com, melaporkan  tren yang terjadi di orang tua di Korea Selatan. Mereka mengirim anak-anak mereka, umumnya yang duduk di kelas 5 SD ke salon atau klinik perawatan kulit. Seorang ibu (usia 37 tahun) mengatakan bahwa bahwa penampilan fisik sangat penting dimiliki oleh anak-anak sejak dini, dengan demikian mereka akan mudah disukai oleh teman-teman. “Saya mengambil paket perawatan kulit untuk anak selama 3 bulan, untuk menghilangkan luka atau masalah kkulit pada anak saya yang duduk di kelas 5SD. Sebelum ia masuk tahun ajaran baru, sebaiknya kulitnya sudah lebih baik, lebih cerah. Saat ini, penampilan fisik sangat penting, anak yang cantik lebh disukai teman-teman.” Ibu juga berencana untuk membeli krim perawatan kulit lainnya, untuk membuat kulit terlihat lebih putih.
      Saat ini anak-anak di Korea sedang masa liburan musim dingin selama sebulan. Umumnya anak-anak Korea dan orang tua mereka menjelajahi mall untuk mencari busana terbaik yang bisa dipakai ke sekolah saat mulai ajaran baru. Kini, kebiasaan lain adalah pergi ke klinik perawatan kulit atau menjalani operasi plastik.
       Selama musim liburan ini, klinik kecantikan diserbu oleh siswa SD dan SMP. Umumnya mereka datang bersama orang tua mereka. Seperti, Nyonya Jang (40 tahun) yang datang bersama anak laki-lakinya. “Anak saya duduk di kelas 5 SD dan mengeluh teman-temannya banyak yang mengoloknya. Terutama karena bentuk mulutnya yang maju, jadi kami ke sini untuk memperbaiki giginya (memakai kawat gigi).”
      Klinik kecantikan juga menggunakan momen liburan ini untuk menarik perhatian pelanggan, caranya dengan memberikan layanan diskon sampai 40% untuk siswa SMP. Salah satu staf yang bekerja di rumah sakit operasi plastik mengatakan, sebenarnya pihak rumah sakit tidak menyarankan anak-anak untuk operasi plastik, karena mereka masih dalam pertumbuhan. "Namun banyak ibu-ibu yang membawa anak yang masih duduk di bangku SD dan memohon agar anaknya mendapatkan operasi mata.”
       Kini anak-anak perempuan usia SD dan SMP juga terlihat menggunakan riasan wajah. Orang tua mereka bahkan membantu untuk mencari produk-produk perawatan kulit dan riasan. Nyonya Park, ibu dari siswi kelas satu memberikan lip gloss dan sunblock untuk anaknya. “Aku memutuskan untuk membeli produk perawatan bibir sebagai hadiah tahun ajaran baru sekolah. Teman-teman di kelasnya menggunakannya.. Saya membeli produk dengan kualitas terbaik agar kulitnya tidak mendapatkan masalah di kemudian hari.”
       Tren ini dipengaruhi oleh banyaknya selebritis cantik dan tampan yang wara wiri di televisi dan media internet. Remaja dan anak-anak Korea banyak yang ingin  menjadi selebritis. Mereka ingin tampil sempurna juga memakai baju yang menawan. Sebuah organisasi pendidikan di Korea melakukan survey pada Bulan Mei lali, dengan jumlah 3.000 responden yang berasal dari siswa SD. Hasilnya, 38% dari mereka mengatakan ingin menjadi selebriti, Di tahun 1970 dan 1980, survey sejenis pernah diadakan, hasilnya anak-anak Kora ingin menjadi presiden. Sementara di tahun 1990, anak-anak Korea mengidamkan menjadi dokter.
     Para ahli berpendapat, campur tangan orang tua terhadap keinginan anak-anak untuk menjadi sukses saat ini justru membuat tren menjadi buruk. Profesor Im Woong mengatakan, investasi dalam hal kecantikan pada anak-anak malah akan membuat anak semakin merasa superior. “Anak-anak akan merasa superior di bidang kecantikan ketimbang pendidikan. Ini bukanlah ide yang baik, menanamkan pada anak apapun caranya agar memenangkan kompetisi akan membuat anak tidak memiliki nilai-nilai dalam hidupnya. “Profesor Im Woong sangat prihatin melihat bagaimana warga Korea begitu terobsesi untuk memiliki penampilan yang cantik/tampan.

Sumber info dan foto: Allkpop.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Anak-anak Korea Kini juga Oplas dan pakai Make Up"

Post a Comment