Komik jenis “Boys Love” banyak diminati Wanita Jepang

 
sumber: asahi.com



       Salah satu jenis komik di Jepang adalah “Boys love.” Komik ini ditandai oleh karakter tokoh pria yang berwajah tampan dan kisah cinta sesama pria (Bromance). Di Jepang, penyuka komik “Boys Love” atau BL paling banyak adalah kaum wanita.
       Para otaku (penggila manga) wanita, bahkan memiliki julukan  untuk komik jenis ini, “fujoshi.” Salah serial komik BL yang laris berjudul “Ten Count.” Ten Count bercerita tentang seorang sekretaris perusahaan yang menderita “mysophobia” atau ketakutan pada bakteri. Hal ini membuat sang sekretaris harus berobat dan menemui konselor tampan. Ten Count sudah terjual lebih dari 1,5 juta kopi dalam kurun waktu 2 tahun.
      Salah satu staf di Toko Buku Konokuniya Jepang, menjelaskan, salah satu alasan yang membuat para pembaca tertarik dengan komik BL adalah rasa penasaran terhadap cerita “terlarang.” “Sudah sangat biasa jika cerita romantis terjadi pada karakter tokohnya, namun cerita yang membuat jantung berdebar karena ini berhubungan dengan anggapan sosial, malah popular.”
      Kinokuniya dalam satu bulan menjual lebih dari 4.000 jenis komik BL. Komik BL lain yang popular adalah Tear-jerker “Escape Journey,” komik yang bercerita tentang kehidupan anak kampus ini bahkan mempengaruhi pembacanya dalah hal gaya berbusana, maupun hubungan percintaan.
       Alasan lain mengapa para wanita suka jenis komik BL adalah, karena kalau di komik “Shojo” (komik wanita), mereka sudah biasa membandingkan dirinya dengan karakter komik. Tetapi urusan Bromance, masih belum banyak diketahui,” ujar Saki Fujita, editor pada majalah BExBOY. “Karakter dalam komik ini umumnya merefleksikan laki-laki idaman para wanita,” tambahnya.
       Varietas komik di Jepang sangat luas, selain komik khusus perempuan, laki-laki, bahkan komik khusus nenek dan kakek juga ada. Komik BL merupakan salah satu varietas komik yang memotret hubungan pria dengan pria. Cerita yang dibangun di dalamnya juga sangat luas, mulai kisah tentang mafia, sampai “omegaverse” (kehidupan di alam lain dimana pria juga bisa hamil). Termasuk cerita tentang para idol, pria di kantor dan lain-lain.
     Fujita menambahkan, dengan adanya komik ini, juga menambah jumlah penggemar di dunia komik. Pada tahun 2017, sebuah film layar lebar yang diangkat dari komik BL akan dirilis. Film berjudul “I Hear The Sunspot” bercerita tentang tentang seorang mahasiswa bernama Kohei yang tidak bisa berbaur dengan mahasiswa lainnya. Namun seorang teman sekelas bernama Taichi, selalu menghiburnya. Hubungan keduanya berkembang lebih dari sekedar teman, namun bukan kekasih.
       Seorang kritikus film Jepang, Akiko Mizoguchi menjelaskan bahwa emosi dalam komik ini bisa jujur ditangkap, sehingga membuat cerita berkembang ke arah tak terduga.” Di saat dunia tengah gencar mempromosikan kampanye kesetaraan gender terhadap pelaku seks minoritas, komik BL justru fokus pada melepaskan emosi pembaca melalui cerita. “Tidak semua komikus  BL membuat cerita yang berujung pada kebahagiaan kaum homoseksual, tapi bisa jadi ini adalah bagian dari promosi perubahan evolusi sosial, “ ujar Mizoguchi.

Sumber informasi dan foto : Motohiro Onishi, asahi.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Komik jenis “Boys Love” banyak diminati Wanita Jepang"

Post a Comment