Peringatan Bahaya Merokok Pada Kemasan Rokok di Korea Selatan


sumber: Kementerian Kesehatan Korea (koreatime.com)


    Perusahaan rokok di Korea Selatan, kini harus mencantumkan peringatan bahaya merokok di kemasan rokok. Mulai tanggal 23 Desember 2016, Pemerintah Korea Selatan, melalui Kementerian Kesehatan mengeluarkan aturan yang mewajibkan semua kemasan rokok untuk mencantumkan gambar-gambar yang sudah disetujui sebagai peringatan bagi perokok.
     Aturan ini mulai diterapkan pada akhir Januari 2017 atau paling telat pada februari 2017. Tujuan peringatan ini adalah untuk mengurangi angka perokok aktif di Korea. Hingga akhir tahun lalu, 39,3% pria dewasa di Korea adalah perokok. Sementar untuk  wanita dewasa, angkanya adalah 5,5%. Angka perokok dewasa di Korea terbilanng tinggi diantara 34 negara yang tergabung dalam OECD (negara-negara yang tergabung dalam organisasi untuk masalah ekonomi dan pembangunan).
    
Kementerian kesehatan sudah memilih 10 gambar , setengah dari gambar tersebut diambil dari pasien  penderita kanker yang disebabkan oleh kebiasaan merokok. "Pemerintah mewajibkan perusahaan rokok untuk mengganti gambar tersebut setiap dua tahun, tujuannya agar ada sistem yang secara regular mengingatkan efek negatif merokok,” ujar perwakilan resmi kementerian.  
sumber: Kementerian Kesehatan Korea (koreatime.com)   
sumber: Kementerian Kesehatan Korea (koreatime.com)
 
sumber: Kementerian Kesehatan Korea (koreatime.com)  

     "Kami berharap, kemasan baru ini akan mengubah persepsi para perokok dan mencegah orang yang mencoba untuk merokok,” tambahnya lagi. Menurut  Lembaga Promosi Kesehatan Korea Selatan, angka rata-rata merokok di 18 negara  menurun 4,2% setelah mereka mengadaptasi program anti-merokok dengan cara ini.
     Di Brazil, program yang sama diterapkan di tahun 2002, hasilnya, angka merokok turun hingga 14,8%. Do Kanada, turun menjadi 7,8%, di Belgia penurunan angka merokok sebesar 6,4% dan di Norwegia 6%.

Sumber info dan foto: Koreatimes.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Peringatan Bahaya Merokok Pada Kemasan Rokok di Korea Selatan"

Post a Comment