Liburan Ke Cirebon, Sebentar tapi Berkesan




      Bagi Anda warga Jakarta, salah satu cara menghindari kemacetan dan keruwetan kota adalah berlibur. Destinasi liburan bagi masyarakat Jakarta, biasanya Bogor, Puncak dan Bandung. Namun seperti yang kita ketahui bersama, ketiga lokasi tersebut akan sangat padat dan macet saat akhir pekan. Cirebon bisa menjadi salah satu alternatif liburan singkat yang berkesan yang letaknya tidak terlalu jauh dari Jakarta.
      Mengunjungi Cirebon, kita bisa menggunakan kendaraan pribadi, bus atau kereta api. Khusus kereta api, saya merekomendasikan Cirebon Expres, karena selain harganya yang cukup bersahabat, layanan di dalam kereta juga sangat memuaskan. Makanan yang disediakan oleh Cireks sangat beragam, rata-rata makanan dibandrol dengan harga Rp 30.000,- untuk nasi dan Rp 20.000,- untuk mi bakso serta kebab. Waktu tempuh perjalanan dengan menggunakan kereta berkisar 2,5 jam s.d 3 jam. Sampai di stasisun Cirebon, kita bisa melanjutkan perjalanan melalui becak, taksi atau angkutan umum.
       Tarif taksi di Cirebon untuk jarak dekat dan agak jauh sama saja , yaitu Rp 50.000,- jika Anda naik dari stasiun Cirebon. Sementara naik becak tarifnya mulai dari Rp 10.000,- s.d Rp 20.000,- Untuk di dalam kota, saya merekomendasikan menggunakan becak. Karena selain seru melihat keramaian kota, kemungkinan tujuan kita terlewat kecil.
       Penginapan di Cirebon harganya bervariasi, dimulai dari Rp 250.000,- per malam hingga jutaan. Tergantung wilayah dan fasilitas yang disediakan di hotel. Makanan wajib yang harus dinikmati adalah nasi jamblang dan empal gentong. Nasi jamblang  dan empal gentong banyak di jual di pinggir jalan, harganya juga bervariasi, ada yang jual di tenda kecil sampai bangunan permanen dengan parkir luas.
      Jika Anda hanya punya sedikit waktu liburan, anda bisa menikmati hiburan di dalam kota. Beberapa lokasi wisata di dalam kota Ada Pantai Ade Irma Suryani yang menyajikan kolam renang serta pemandangan dermaga yang asri. Pusat batik Trusmi, Keraton Kasepuhan, Masjid At-taqwa atau sekedar menikmati indahnya kota Tua Cirebon.
       Di Kota Udang ini, oleh-oleh khasnya adalah Batik Cirebon, Terasi dan Kerupuk udang. Kerupuk udang Cirebon sangat berasa gurih dan renyahnya. Makanan lain yang perlu dicoba adalah rujak. Eits, jangan salah, rujak di sini bentuknya mirip pecel dengan bumbu rujak yang dicampur asam jawa. Jadi ada rasa asam, gurih dan manis di dalamnya. Paling sedap lagi, makan rujak Cirebon dilengkapi dengan kerupuk melarat, wah benar-benar seperti telah menaklukan dunia deh. Berikut 

sumber: Dewi Meldania


video liputan, liburan ke Cirebon.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Liburan Ke Cirebon, Sebentar tapi Berkesan"

Post a Comment