Pemerintah Korea Perketat Peredaran Kosmetik Untuk Anak


sumber:nhkworld.com


    Industri kecantikan Korea Selatan sudah merambah ke manca negara,  Korea Selatan juga telah lama melirik pasar remaja. Di tahun 2016, produksi mereka meningkat menjadi 70%  di kalangan siswa SMP dan SMU. Namun bebberapa tahun belakangan, ternyata tidak hanya siswa SMU dan SMP yang menggunakan kosmetik, anak-anak SD juga sudah pakai make up walau tipis. Kondisi ini makin didorong oleh peran orang tua yang mengirimkan anak-anak mereka yang masih SD untuk pergi ke salon saat liburan dan mendapatkan perawatan kulit. Keadaan tersebut akhirnya membuat pemerintah Korea Selatan, melalui Badan Pengawas Obat dan Makanan lebih memperketat peredaran  kosmetik untuk anak-anak.
    Mulai September tahun ini, kosmetik anak-anak seperti lotion, krim dan minyak harus mencantumkan label komposisi yang bisa memicu alergi. Sampai saat ini sudah sudah ada 12 jenis kosmetik yang diperuntukkan untuk anak di bawah usia 3 tahun. Menurut BPOM Korea,  pihaknya tengah mengkaji ulang izin kosmetik yang diperuntukkan untuk anak-anak di bawah usia 13 tahun. Keputusan ini dilakukan setelah ada keprihatinan dari masyarakat yang khawatir campuran kimia di dalam kosmetik bisa membahayakan anak-anak.
      Pada tindakan sebelumnya, BPOM Korea sudah memberikan peringatakan kepada anak-anak dan orang tua, untuk membaca dengan seksama kandungan bahan pada label kosmetik. Di tahun ini, pemerintah Korea lebih aktif lagi berperan dengan memberikan pengawasan ketat pada produk kosemetik anak.

Sumber info: koreatimes.co.kr, sumber foto: nhkworld.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pemerintah Korea Perketat Peredaran Kosmetik Untuk Anak"

Post a Comment