Revolusi Toilet di China, Perbaiki 100.000 Toilet Untuk Mendatangkan Turis



sumber:nytimes.com


     Masalah toilet yang bau dan jorok di Cina sudah menjadi rahasia dunia. Banyak turis yang mengeluhkan keadaan toilet di sarana priwisata tidak layak. Hal ini berimbas pada menurunnya jumlah wisatawan internasional yang berkunjung ke negara tirai bamboo ini. Namun, pemerintah Cina segera menyadari dan membuat program untuk memperbaiki 100.000 toilet dan berharap para tursi kembali datang ke negera ini.

sumber: Eastcode Travel Youtube

sumber: Eastcode Travel Youtube

sumber: Eastcode Travel Youtube

sumber: Eastcode Travel Youtube



sumber: Eastcode Travel Youtube

      Bagi turis mancanegara khususnya dari barat, hal yang berat berkunjung ke Cina adalah toilet yang masih tradisional. Di tempat-tempat umum, toilet yang tersedia tidak dilengkapi pintu, kertas tisu bahkan air. Toilet tradisional yang berbentuk jongkok dibuat dalam sekat-sekat kecil. Untuk buang air kecil, para pria tinggal menghadap tembok dan menyelesaikan hajatnya.
     Menurut Badan Administrasi Turisme Nasional Cina, program pembenahan toilet ini sudah dicanangkan sejak 5 tahun lalu. Tujuannya agar sektor pariwisata Cina kembali meningkat. Hingga kini sudah dibangun 57.000 toilet bertaraf internasional di seluruh wilayah Cina, dan akan rampung pada akhir 2017.
     Menurut Li Jinzao, ketua badan tersebut, Jika Cina gagal dalam memperbaiki toilet, ini akan berimbas pada reputasi industry pariwisata mereka. “Cina harus melakukan revolusi toilet dengan bantuan ilmu pengetahuan dan teknologi,” ujar Li.
       Kota Air Gubei dan Tembok Besar Cina, merupakan wilayah yang menjadi tujuan revolusi toilet. Toilet di Kota Air Gubei, kini dilengkapi dengan Sofa, tanaman di dalam pot dan lukisan. Dudukan toilet di sana juga nampak bersih dan kertas tisu juga tersedia. “Ini langkah kecil untuk peradaban yang besar,” tambah Li lagi.
      Untuk menjaga agar toilet tetap bersih dan layak, pemerintah Cina juga mengeluarkan aturan. Barang siapa dengan sengaja berperilaku tidak bersih dan pengelola tidak menjaganya dengan baik, maka akan dikenakan sanksi. Pengelola tempat hiburan/lokasi wisata yang tidak menyediakan toilet yang bersih dan nyaman juga dianggap telah melakukan pelanggaran.

Sumber info: nytimes.com, sumber foto: Ryan McMorrow/The New York Times dan Eastcode Travel Youtube

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Revolusi Toilet di China, Perbaiki 100.000 Toilet Untuk Mendatangkan Turis"

Post a Comment