Specie Parasit Baru di Temukan di Aquarium Jepang




sumber: asahi.com
        Toba – Perfektur Mie, seekor spesies parasit  ditemukan pada ikan yang hidup di laut dalam di Aquarium Toba di Perfektur Mie. Parasit ini dianggap sebagai hewan yang aneh dan dipajang di display dengan nama “mahluk yang penasaran.”
         Takeya Moritaki (47) adalah seorang curator, ia menemukan 5 parasit yang memiliki panjang 8 – 30 milimeter, di dalam insan dan sirip “torikajika,” ikan yang ada di laut dalam. Di dalam Bahasa Inggris, ikan ini dikenal dengan sebutan “Ereuniidae.” Walau parasit ini adalah bagian dari kelompok “Cymothoa,” umumnya hidup dalam mulut Ikan Sea Bream (Kurisi), Moritaki belum pernah menemukan sebelumnya, parasit yang hidup di insang ikan Ereuniidae.
      Moritaki kemudian mengirimkan contoh species ini kepada peneliti, dan para peneliti meyakinkan bahwa spesies ini adalah parasit yang baru. Karena ditemukan di ikan Ereuniidae, maka parasit ini dinamakan “torikajika era moguri” (merangkak di insang Ereuniidae). Parasit ini ditemukan di ikan  Ereuniidae, di perfektur Mie. Pihak aquarium membelinya pada januari 2015 dari sebuah perusahaan penyedia ikan laut.
      Laporan mengenai penemuan ini dipublikasikan pada sebuah Jurnal Internasional di Bulan Desember 2016. Namun demikian secara ilmiah mahluk ini dinamai :Elthusa Moritaki.” Nama Moritaki diambil dari nama orang yang menemukannya. “Aku sangat senang, di dalam nama ilmiahnya disematkan pula namaku. Aku ingin ornag-orang bisa melihat mahluk yang belum dikenal luas,” ujar Moritaki.  

Sumber info dan foto: artikel asli ditulis oleh Yoshihigiro Ogino, asahi.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Specie Parasit Baru di Temukan di Aquarium Jepang"

Post a Comment