Aplikasi Bencana Alam Untuk Warga Asing di Jepang


sumber: asahi.com


      Pemerintah Jepang kini sedang membuka pintu selebar-lebarnya terhadap wisatawan asing, informasi yang diberikan salah satunya adalah mengenai bencana alam. Para turis diperkenankan mengikuti pelatihan penanganan bencana dan dibekali aplikasi mengenai bencana alam.       
       Sebuah aplikasi untuk memberikan informasi mengenai bencana alam bisa digunakan oleh warga asing yang tinggal di Jepang. Bagi masyarakat Jepang, waktu amatlah berharga, dengan adanya aplikasi di ponsel, diharapkan warga asing bisa mengetahui informasi bencana sedini mungkin dan menyelamatkan diri.
      Aplikasi yang dikembangkan dalam beberapa tahun ini memiliki fitur berbagai macam bahasa. Sejak tahun 2014, Agen Turisme Jepang sudah menawarkan aplikasi yang dikenal dengan “Tips Keselamatan.

sumber: asahi.com

     Berbagai informasi mengenai gempa bumi, peringatan tsunami dan lainnya bisa diterima dalam Bahasa Jepang, Cina, Inggris, Korea, Spanyol, Portugis, Vietnam, Indonesia, Tagalog, Perancis, Jerman, Thailand dan Rusia. Pengguna juga bisa mendapatkan iformasi mengenai keadaan wilayah setempat pada ponsel mereka. Di aplikasi tersebut, pengguna juga bisa menanyakan dimana pusat evakuasi di wilayah terdekat.
      Selain informasi di atas, beberapa hal mengenai bagaimana menyelamatkan diri juga bisa didapat pengguna. Misalnya, bagi pengguna yang ada di luar ruangan saat gempa, yang mereka harus lakukan adalah berlindung di bawa meja dan melindungi bagian kepala, Siapapun yang berada di dalam lift disarankan keluar dan berjalan menuju ke luar gedung.
    
Sumber info dan foto: asahi.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Aplikasi Bencana Alam Untuk Warga Asing di Jepang"

Post a Comment