Jepang Pertama kali Rekrut Tenaga Kerja Untuk Rumah Tangga Dari Luar Negeri


sumber: http://www.businessmirror.com.ph



      Inilah pertama kalinya Jepang merekrut tenaga asing yang akan bekerja dalam sektor rumah tangga. Dalam kehidupan masyarakat Jepang yang efisien, sangat tidak lazim meminta orang lain (bukan keluarga) untuk membantu mengurus rumah tangga seseorang, kecuali orang yang bersangkutan itu adalah bangsawan atau orang yang kaya raya. Sepertinya keadaan saat ini berubah, tenaga kerja dari Filipina akan mulai bekerja di rumah tangga di Jepang.
      Menurut Japan Times, Wilayah Kanagawa dan Osaka adalah lokasi pertama yang menyewa tenaga asing sebagai asisten rumah tangga pada Maret 2017 mendatang. Setiap pekerja harus memenuhi syarat berikut; minimal usianya 18 tahun, minimal satu tahun berpengalaman mengurus rumah tangga dan memahami dasar Bahasa Jepang. Setelah menjalani pelatihan selama 200 jam, diharapkan calon PRT sudah bisa memasak masakan Jepang, mencuci pakaian, beres-beres, belanja ke pasar dan menjaga anak (untuk urusan mengurus dan merawat anak, calon PRT Tidak diperkenankan).
       Sekitar 50 warga negara Filipina tiba di Jepang pada Bulan Januari dan langsung dipekerjakan oleh lembaga ketenagakerjaan dan pusat pengasuhan anak. Beberapa perusahaan tersebut antara lain; Duskin, Pasona, Bears dan Poppins. Perusahaan Bears, merekrut 10 s.d 15 orang, sementara Poppin merekrut 12 orang. Di musim Panas mendatang, perusahaan Nichiigakkan akan merekrut 30 orang pekerja lagi. Para pekerja ini akan bekerja penuh dan memiliki izin untuk tinggal di Jepang sampai 3 tahun.
       Permintaan atas tenaga kerja ini juga mulai berdatangan dari kota lain, salah satunya Tokyo.  Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe pada tahun 2015 memutuskan perubahan terhadap aturan tenaga kerja asing. Sebelumnya tenaga kerja asing dilarang bekerja dalam sektor rumah tangga, kecuali di rumah-rumah para Diplomat.

Sumber info: artikel asli ditulis oleh Ko Dong-hwan koreatimes.co.kr. Sumber foto: http://www.businessmirror.com.ph


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jepang Pertama kali Rekrut Tenaga Kerja Untuk Rumah Tangga Dari Luar Negeri"

Post a Comment