Para Suami di Korea Lebih Puas dengan Pernikahan Ketimbang Istri


sumber: koreatimes.co.kr


      Para suami menyatakan lebih merasa puas dengan pernikahannya ketimbang istri di  Korea Selatan. Hasil ini ditunjukkan dari sebuah survey yang melibatkan pasangan suami istri dalam hal pekerjaan rumah tangga.
      Dari 476 pria dan 576 wanita yang sudah menikah, yang ditanya pendapatnya mulai Juni s.d November 2016, memperlihatkan 72,2% para suami menjelaskan pernikahan mereka dalam perspektif yang positif, sementara dari wanita hanya 53,7% yang merasa seperti itu. Survey ini dilaksanakan oleh Institusi Hubungan Kesehatan dan Sosial Korea bekerjasama dengan Universitas Nasional Seoul dan Universitas Sunkyunkwan.
      Menurut Survey, 4,3% pria menggambarkan pernikahan dalam sudut pandang yang negatif, dan 11,9% wanita berpendapat sama. Dari hasil tersebut, terlihat bahwa para pria Korea saat ini banyak yang terlibat dalam pekerjaan rumah tangga bersama istrinya. Di sisi lain, pria yang berpandangan tradisional, tetap enggan berurusan dengan pekerjaan rumah tangga. Sebanyak 79,9% istri melakuakn pekerjaan rumah tangga. Jika dilihat dari usia pernikahan, pasangan tua lebih banyak yang tidak puas dengan pernikahannya dibanding pasangan muda.
       Sebanyak 76,8% pasangan usia 18-34 tahun menganggap pernikahan mereka positif, namun 55,1% pasangan menikah usia 50 – 60 tahun menganggap sebaliknya. Dari survey juga terlihat, bahwa kepuasan terhadap pernikahan tidak terlalu erat kaitannya dengan pendapatan rumah tangga. Menurut survey tersebut, 42,6%  pasangan dengan pendapatan per bulan rata-rata 1 juta won ( US $ 872,6) memandang positif pernikahan mereka. Di lain pihak, 7,9% % pasangan dengan pendapatan rata-rata 5 juta won, juga beranggapan sama.

Sumber informasi: koreatimes.co.kr, sumber foto:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Para Suami di Korea Lebih Puas dengan Pernikahan Ketimbang Istri"

Post a Comment