Restoran Khusus Makanan SD di Jepang


sumber:channel “Only in Japan” Youtube.


        Makanan SD, atau makan siang di bangku sekolah dasar adalah salah satu makanan yang paling berkesan di Jepang. Menu masakan SD memang tidak terlalu bervariasi, tetapi selalu dirindukan dan memiliki kenangan tersendiri bagi masyarakat Jepang.

sumber:channel “Only in Japan” Youtube.

sumber:channel “Only in Japan” Youtube.

sumber:channel “Only in Japan” Youtube.

sumber:channel “Only in Japan” Youtube.

       Sejak tahun 1954, Pemerintah Jepang memberlakukan program makan siang bersama untuk setiap siswa di bangku sekolah dasar di seluruh Jepang. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengontrol gizi anak-anak, sehingga tumbuh sehat. Tentunya, memiliki generasi yang fisiknya sehat adalah impian semua negara. Generasi ini di masa datang yang menjadi ujung tombak pembangunan dan perekonomian, sebab itulah urusan gizi dan kesehatan perlu jadi perhatian. Berkat program ini dan program olah raga, Jepang adalah negara dengan tingkat anak obesitas yang paling rendah di dunia.

sumber:channel “Only in Japan” Youtube.

sumber:channel “Only in Japan” Youtube.

       Menu yang disediakan di saat makan siang antara lain: mi ramen dengan saus daging, nasi kare, agepan (roti manis), bihun goreng, salad dengan naget ikan atau ayam. Di setiap menu utama ada tambahan lain, berupa buah dan susu. Biasanya sekolah bekerjasama dengan petani setempat dalam mendapatkan bahan makanan yang akan disajikan kepada para siswa. Tidak ada ruang makan khusus di sekolah dasar, tidak ada kantin, kegiatan makan dilakukan di dalam kelas. Ada beberapa manfaat yang bisa didapat dari makan bersama di sekolah dasar;

1.       Belajar tegang rasa
Proses makan sebelumnya diawali dengan petugas piket. Petugas piket adalah siswa yang bertugas mengambil makanan, alat makan, melaporkan menu hari itu, mengembalikan alat makan ke dapur, dan membersihkan karton susu yang sudah dipakai untuk digunakan ulang.

Para petugas piket, melayani teman-teman dengan sepenuh hati. Dari mulai mengambilkan alat, membagi perlatan makan kepada setiap siswa, membagikan lauk secara bergantian. Jika semua teman sudah kebagian, selanjutnya laporan tentang menu makanan, berdoa, dan barulah makan bersama dimulai. Jika masih ada sisa makanan, teman lain boleh nambah dengan seizin teman lainnya.

2.       Disiplin dan kerjasama
Teman-teman di SD belajar disiplin dan organisasi, dari mulai menjalankan piket, mengangkut perlengkapan makan, membersihkan kelas, semua ada waktunya dan harus dilakukan sesuai aturan.

3.       Menghormati dan rasa syukur
Jepang memiliki kebudayaan untuk selalu menghabiskan makanan dan tidak menghina makanan. Menghabiskan makanan adalah bentuk rasa syukur. Siswa tidak boleh minta menu yang berbeda, saat makan bersama, semua makan dengan menu yang sama. Menghabiskan makanan adalah bentuk penghormatan terhadap makanan dan jasa orang-orang yang telah menyiapkan makanan hingga bisa terhidang di meja.

       Di restoran yang bernama “Kyushoku Toban” artinya makan siang sekolah, terletak di wilayah Tokyo, dekat Stasiun Shin Okachimachi. Restoran yang terdiri dari dua lantai ini, menyediakan makanan khas sekolah dasar. Di lantai dasar, bentuk restoran nampak seperti rumah makan pada umumnya, ada dapur, kursi dan meja. Namun di lantai dua, bentuk restoran mirip dengan suasana kelas 5 SD, lengkap dengan asesoris, kursi, meja, papan tulis, tas, jam dinding, penghapus papan tulis,  daftar piket petugas kelas dan sebagainya. Menu yang disediakan juga persis dengan menu makan siang SD.

sumber:channel “Only in Japan” Youtube.

sumber:channel “Only in Japan” Youtube.

sumber:channel “Only in Japan” Youtube.

        Menurut Kubota, salah satu pengelola restoran ini, makan siang di SD maupun SMP merupakan kenangan yang membawa senyuman. Sebagai pengelola restoran, mereka ingin mengembalikan senyuman itu kepada orang-orang yang rindu dengan bangku sekolah mereka.

Sumber infomrasi dan foto: channel “Only in Japan” Youtube.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Restoran Khusus Makanan SD di Jepang"

Post a Comment