Seniman Korea, Kreasikan Patung Super Mirip dengan Manusia


koreaboo.com


       Seorang seniman asal Korea Selatan, Choi Xooang, menuai kontroversi dari beberapa karyanya. Patung yang dibuatnya benar-benar menyerupai tubuh manusia.
      Choi Xooang, dikenal sebagai seniman patung yang membuat karya dengan tema tubuh manusia. Ketertarikan Choi terhadap seni patung ini sudah dirasakannya sejak ia duduk di bangku SMU, khususnya saat ia masuk kelas seni. Pameran pertama yang diadakan oleh Choi berlangsung pada tahun 2002 . Saat itu ia sudah bekerja sebagai seniman selama lebih dari 10 tahun. Setiap karya yang dibuatnya, membutuhkan waktu dua sampai lima bulan untuk selesai dengan sempurna.
     Karya Choi dianggap masyarakat memiliki sisi lain yang misterius. Patung-patung itu seperti menghantui dan menarik perhatian publik. Inilah salah satu kekuatan karya Choi, sehingga bisa bertahan dan mengokohkan eksistensinya dalam dunia seni Korea Selatan. Beberapa masyarakat bahkan membandingkan karya Choi dengan properti di film horror. Namun menruut Choi, semua karyanya, memiliki maksud dan alasan yang berbeda. 

koreaboo.com

koreaboo.com

       Choi mengombinasikan bagian tubuh manusia untuk menyatakan keprihatinanya terhadap masyarakat saat ini. “Patung-patungku mungkin terlihat hiperealisme dalam segi setknik. Namun demikian, yang ingin kusampaikan adalah ini bukanlah sesungguhnya. Namun aku buat sedemikian mirip dengan tubuh manusia dalam rangka mencapai fenomena atau status tertentu."
        
Sumber info dan foto: koreaboo.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Seniman Korea, Kreasikan Patung Super Mirip dengan Manusia"

Post a Comment