7 dari 10 Wanita Korea Selatan, Berhenti Kerja karena Mendapatkan Pelecehan Seksual


sumber: http://koreabizwire.com


Sebuah studi baru-baru ini memperlihatkan bahwa 7 dari 10 wanita pekerja di Korea Selatan harus meninggalkan pekerjaan mereka tahun lalu.

Studi yang dilakukan oleh Asosiasi Pekerja Wanita Seoul yang dipublikasikan pada minggu lalu, memperlihatkan dari 103 responden, 72% mengatakan bahwa mereka berhenti bekerja karena isu terkait yang dilakukan oleh perusahaan dan rekan kerja.

Di antara para wanita yang berhenti, 82% menjawab mereka keluar dari pekerja setelah 6 bulan – 57% menjawab setelah 30 hari. Menurut laporan tersebut, “para pelaku mendapatkan sanksi yang ringan, sehingga membuat korban mereasa didiskriminasi dan semakin melakukan kejahatan di tengah masyarakat.”

57% menjawab, mereka diberikan hukuman oleh perusahaan karena mengumumkan isu ini. Masalah pelecehan seksual yang dialami wanita meningkat 34% di tahun 2015.

Dalam hal pekerjaan, wanita pekerja dipaksa berhenti maupun dipindah posisi, ini merupakan hal yang sangat biasa. 31 orang mengaku mengalaminya, sementara hukuman lain berupa kekerasan verbal dan fisik juga dialami korban.

Korea selatan, merupakan negara dengan dominasi pria yang sangat kental, terutama dalam bidang pekerjaan. Pelaku pelecehan seksual umumnya adalah pria, rekan kerja senior yang mengambil keuntungan dari posisi mereka di tempat kerja. 84% responden menjawab rekan kerja senior mereka atau kepala bagian perusahaan yang melakukan hal ini.

Penelitian ini juga memperlihatkan bahwa 83% korban mengalami tekanan dan trauma paska dilecehkan. Sementara 64% mengaku mereka membutuhkan tenaga professional untuk mengatasi tekanan yang mereka alami. Hukuman bagi pelaku pelecehan seksual di Korea selatan hanya dnegan membayar denda yang relatif kecil. Bahkan membawa kasus ini sampai meja hijau, adalah hal yang jarang. 

Sumber tulisan: koreatimes.co.kr, Kim Se-jeong, sumber foto:http://koreabizwire.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 dari 10 Wanita Korea Selatan, Berhenti Kerja karena Mendapatkan Pelecehan Seksual"

Post a Comment