Robot Dokter Gigi



 
sumber:koreatimes.co.kr

       Invasi robot kini mulai merambah ke dunia kedokteran. Saat ini tengah dikembangkan robot dokter gigi yang bisa melakukan operasi tanam gigi. Teknologi terbaru ini, mulai diperkenalkan pada September 2017 di Cina.
       Tentu saja dunia kedokteran masih membutuhkan tenaga manusia. Namun dengan adanya tenaga robot, pekerjaan manusia bisa lebih mudah. Menurut laporan  dari Science and Technology Dayli, Operasi tanam gigi ini oleh robot ini pertama kali dikerjakan di Xi’an, Shaanxi, pada Sabtu, 23 September 2017 dan membutuhkan waktu selama satu jam.
       Robot dokter gigi merupakan penelitian yang dikembangkan oleh Universitas Kedokteran Militer yang keempat bekerjasama dengan Rumah Sakit Stomatology yang berada di Xi’an. Pengenmbangan robot juga dibantu oleh Institut Robot di Universitas Beihang di Beijing selama 4 tahun terakhir. Project ini dipimpin oleh  Dr Zhao Yimin, , salah saeorang ahli dalam bidang rehabilitasi medis yang juga bekerja di  rumah sakit tersebut. “ Gigi palsu yang ditanam diciptakan dari hasil cetak 3 dimensi,” ujarnya.
      Menurut survey epidemic di Cina, setidaknya 400 juta pasien memerlukan gigi baru. Sayangnya jumlah pasien yang banyak tidak sebanding dengan jumlah dokter gigi . Sekitar 1 juta gigi palsu sudah disebarkan ke seluruh Cina setiap tahunnya namun belum bisa mengatasi kebutuhan pasien. Laporan lain menyebutkan, untuk mengoperasi dan menanam gigi buatan, para dokter kerap kesulitan menjangkau celah sempit di dalam mulut. Adanya robot diharapkan bisa mengatasi masalah ini.  Sebelum operasi dilaksanakan, para dokter dan staf menyiapkan segala keperluan. Gerakan robot sangat ditentukan oleh posisi dan sudut pandang robot.
      Sejak awal tahun 2017, robot sudah mulai dikenalkan di bidang kedokteran. Pada Maret 2017, Administrasi Makanan dan Obat Amerika Serikat telah menyetujui peran robot dalam dunia kedokteran. Yomi, adalah salah satu robot yang didesain untuk membantu para dokter saat operasi terutama memasang organ.

Sumber info dan foto: koreatimes.co.kr

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Robot Dokter Gigi"

Post a Comment