Jepang Buka Lowongan Kerja Besar-besaran Buat Tenaga Kerja Asing!


sumber: koreabooo.com

    Susah cari kerja di dalam negeri? keempatan kerja di Jepang mungkin bisa jadi alternatif untuk dipikirkan. Jepang yang dikenal sangat akurat menerima pegawai dengan tingkat keterampilan tinggi, kini mulai membuka sektor-sektor pekerjaan bagi tenaga kerja di bidang lain, seperti peternak, pekerja kasar, buruh dan sebagainya. Peluang kerja untuk profesi dengan kategori terampil juga tetap dibuka. Peluang profesi buat tenaga kerja terlatih antara lain adalah bidang keuangan, perawat dan tenaga kesehatan, pertanian serta industri.
   Pada tahun 2019, Jepang mulai membuka pendaftar bagi pekerja asing yang berminat tinggal di negeri sakura ini. Targetnya, sampai tahun 2025, Jepang bisa merekrut 500.000 tenaga kerja asing. hal ini disampaikan oleh Yoshihide Suga, Kepala Sekretaris Kabinet. Seperti yang dikutip dari Koreaboo.com, Yoshihide menjelaskan, bahwa kebijakan ini dipicu oleh populasi Jepang yang semakin menurun setiap tahunnya. Pada tahun 2018, populasi penduduk asing baru di Jepang mencapai 748.000. Angka ini merupakan 5,8%  dari total penduduk asing keseluruhan yang mencapai 2.497.000 jiwa. 42.000 dari jumlah tersebut tinggal di Shinjuku Tokyo. Dalam 5 tahun terakhir, wilayah ini mengalami kebanjiran penduduk asing sebanyak 48%. Sementara pertumbuhan penduduk pribumi menurun 7% di usia yang sama. 

sumber: koreaboo.com

   Selama 9 tahun berturut-turut, Jepang mengalami penurunan populasi. Tahun ini merupakan tahun angka penurunan terendah. Angka usia kerja di Jepang (usia 15 s.d 64 tahun) turun sebesar 60%. Untuk mengantisipasi meluapnya pekerja asing yang datang ke Jepang, Yoshihide menerangkan beberapa persyaratan. "Kami tengah mempersiapkan kebutuhan untuk menerima pegawai asing. Terutama menyediakan lapangan industri yang paling membutuhkan, menguatkan sistem kerja, mengatur tempat tinggal dan  status mereka, serta menyediakan pendidikan Bahasa Jepang."

Sumber foto dan info: koreaboo.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jepang Buka Lowongan Kerja Besar-besaran Buat Tenaga Kerja Asing!"

Post a Comment